Cara Mendapatkan Uang Melalui Monetisasi Youtube

Ingin mendapatkan banyak uang dari Youtube? Sekarang kamu bisa melakukannya melalui program monetisasi video. Bukan cuma berbagi konten, sebagai youtuber kamu akan mendapatkan uang dari iklan yang muncul di video yang kamu unggah.

Jika kamu belum pernah mencobanya, tenang saja, Bang Rojali akan bantuin. Namun sebaiknya kamu perlu mengetahui dulu cara monetisasi Youtube.

Akun yang telah dimonetisasi, bakal mendapatkan bayaran yang besarannya dihitung dari views atau jumlah penonton. Sementara uangnya didapat dari iklan-iklan yang dipasang di video tersebut.

Menurut aturan terbaru Youtube juga telah menambah potensi penerimaan pundi-pundi akun yang dimonetisasi. Sekarang bukan hanya lewat ads, tapi ada juga lewat beberapa cara lain, seperti menjadi mitra, merchandise, dan lain-lain.

cara mendapatkan uang dari youtube - bang rojali
cara memonetisasi youtube

Walau begitu Abang Rojali ingetin, biar bisa di monet, akun Youtube kamu harus memenuhi syarat dan itu tidak mudah. Musti ada beberapa hal yang harus kamu penuhi sesuai ketentuan dari Youtube.
Berikut ini kita akan memberikan penjelasan singkat mengenai seluk-beluk syarat dan cara monetisasi Youtube.

Apa Itu Monetisasi

Monetisasi adalah proses menghasilkan uang dari video-video Youtube yang diunggah dengan mengaktifkan fitur-fitur iklan di dalam video. Tapi tentu gak bisa semua video disisipkan iklan, hanya yang terpopuler saja yang bakal mendapatkan pemasukan terbesar dari iklan.

Tujuan pengiklan menaruh modalnya dengan beriklan di Youtube adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens atau mendapatkan popularitas yang lebih. Oleh karena itu, Youtube juga akan menaruh iklan di video yang memiliki jumlah penonton yang banyak, dan akun yang rutin mengunggah konten mereka.

Akun dengan jumlah penonton yang membludak dan jam tayang yang tinggi, sangat menguntungkan untuk bisnis Youtube. Mereka gak segan-segan untuk membagikan keuntungan yang didapat dari iklan ke kreator populer. Maka dari itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah akun untuk bisa dimonetisasi.

Syarat Memonetisasi Youtube TERBARU

Sebelum membahas tentang cara monetisasi Youtube, kamu harus memperhatikan syarat-syarat yang diminta. Youtube tentunya bakal menerima permintaan monetisasi akun yang populer, memiliki dampak yang signifikan bagi bisnis. Indikator signifikan itu sendiri dilihat dari popularitasnya untuk menarik perhatian lebih banyak penonton, dan juga isi konten itu sendiri.

Akun yang telah berhasil dimonetisasi itu disebut juga dengan Youtube Partner. Oleh sebab itu, Youtube telah membuat persyaratan dasar bagi para kreator video yang pengin memonetisasi akunnya.

1. Anda tinggal di negara yang masuk daftar Program Youtube Partner. Indonesia sudah masuk gaes.

2. Jangan mengklik iklan di akun sendiri.

3. Anda tidak melanggar hak cipta apa pun – acara TV, film, komposisi musik (bebas royalti tidak
apa-apa), lukisan, poster, perangkat lunak (kecuali diberikan hak) – semua ini tidak menjadi masalah jika itu adalah:

a. Berada di domain publik

b. Dilisensikan untuk penggunaan komersial atau

c. Dilisensikan sebagai Creative Commons di YouTube

d. Memenuhi Syarat untuk Penggunaan Wajar
Jika Anda khawatir di mana Anda akan menemukan musik untuk video Anda, YouTube sudah menyediakan untuk Anda. Ini tersedia secara gratis di Audio Library.

4. Konten Anda ramah Pengiklan. Maksudnya disini adalah video Anda layak untuk di tonton oleh semua orang dan tidak melanggar aturan atau yang bersifat negatif.

5. Video Anda sudah ditonton sebanyak 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan sudah mendapatkan 1.000 subscriber atau subscriber.

Meskipun kamu telah memenuhi persyaratan-persyaratan di atas, bukan jaminan kalau monetisasi akun bakal diterima oleh Youtube. Banyak juga yang harus berkali-kali mengalami penolakan.

Hal yang terpenting adalah, kamu harus mengaktifkan dulu monetisasi atau istilah lainnya mengaktifkan Google AdSense. Berikut ini tahapan-tahapan cara aktifkan Google AdSense,

Klik ikon akun Youtube di pojok kanan atas

• Masuk ke pilihan “Creator Studio”

• Di bagian kiri menu pilih “Channel”

• Lalu klik “Status and features”

• Klik enable di pilihan “Monetization”

• Lalu ikuti perintah yang tertera di halaman tersebut

Kemungkinan besar yang membuat monetisasi ditolak oleh Youtube adalah karena tidak memenuhi kebijakan dan persyaratan yang dipenuhi. Tapi tenang saja, jika ditolak, kamu bisa melakukan pendaftaran lagi dalam rentang waktu 30 hari setelahnya.

Macam Cara Monetisasi Youtube

Setelah memastikan kamu sudah memenuhi persyaratan, dan daftar Google AdSense Youtube kamu sudah diterima, berikut ini ada beberapa cara monetisasi Youtube yang bisa kamu pilih.

Berdasarkan peraturan Youtube 2019, cara monetisasi gak cuma lewat iklan saja, tetapi juga ada banyak cara lainnya, lewat Membership Channel, Super Chat, Merchandise, dan Youtube Premium. Lain kali abang bahas semuanya buat kamu.

Itulah tutorial yang bisa Bang Rojali kasih ke kamu kali ini. Menarik kan? Ayo cepetan berjuang supaya bisa gajian dari Youtube.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Related Post Atau Artikel Terkait Di Blogspot

Cara Membuat Sitemap Supaya Blog Terindeks Mesin Pencari - 100% Berhasil

Solusi Mengatasi Blog Masuk Google Sandbox