Solusi Mengatasi Blog Masuk Google Sandbox

Bang Rojali kaget ternyata beberapa blog aku masuk Google Sandbox yang bikin artikel tidak muncul di pencarian. Kalau dibiarkan situs pasti hancur dan sepi pengunjung bahkan hingga nol. Pernah mengalami kaya begini. Tenang, kini ada solusinya.

cara mengatasi masalah blog google sandbox - bang rojali
Cara Mengatasi Google Sandbox


Arti Google Sandbox

Secara garis besar, Google Sandbox adalah sebuah sistem yang merujuk pada filter yang mencegah suatu situs web bisa terindex oleh Google Search Engine.  Jadi jikalau situs kamu terkena masalah ini, siap-siap aja hilang dari hasil pencarian mesin telusur.

Apa yang menyebabkan suatu situs masuk Google Sandbox? Banyak hal, namun biasanya terkait pelanggaran dan over optimasi. Sebenarnya sistem ini bertujuan baik, yakni untuk mencegah spam dari pembuat situs yang hendak mengambil keuntungan dengan cara yang kurang baik. Namun seringkali sistem ini juga bisa menyasar blog atau web yang karena suatu alasan tertentu tidak luput dari cengkeraman filter ini.

Jadi intinya,  ini seperti pinalti yang diberikan oleh Google pada suatu website yang melakukan kesalahan. Akibatnya, blog atau web tersebut akan merasakan dampak-dampak negatif dari jeratan Google Sandbox ini. Apa saja dampak-dampak tersebut?

Ciri-ciri Blog Terkena Google Sandbox

Tanda masuk Google Sandbox - Bang Rojali
Tanda masuk Google Sandbox

Apa saja ciri-ciri suatu blog yang sudah masuk ke dalam Google Sandbox? Tidak mudah untuk mengetahuinya, namun biasanya situs kamu akan mengalami hal-hal di bawah ini :

1. Artikel Tidak Muncul di Hasil Pencarian

Jika blog terkena google sandbox, salah satu ciri yang bisa diketahui adalah artikel tidak muncul di hasil pencarian. Anda yang cepat sadar akan hal ini biasanya akan langsung tahu begitu artikel baru dipublish. Untuk ujicoba anda bisa coba ketikkan judul artikel anda tadi di mesin pencarian. Jika tidak muncul sama sekali, berarti ada kemungkinan artikel tersebut yang menjadikan blog anda terkena deindex masuk ke dalam google sandbox.

2. Trafik Menurun Drastis

Seiring dengan hilangnya artikel pada hasil mesin pencarian, hal itu juga pastinya berdampak pada turunnya jumlah pengunjung blog yang terjun bebas secara drastis. Penurunan Page View yang sangat drastis ini dapat dilihat dari anjloknya jumlah pengunjung yang tidak seperti biasanya.

3. Penghasilan Berkurang

Tentu saja seiring dengan menurunnya lalu lintas kunjungan ke blog, pendapatan kamu akan berkurang. Terlebih jika hanya mengandalkan pemasukan dari PPC atau Adsense.

Penyebab Masuk Google Sandbox

Setelah mengetahui dampak-dampaknya, kita juga mesti tahu penyebab-penyebab blog masuk ke dalam google sandbox. Di antara beberapa penyebabnya yaitu:

1. Web/ Blog Over Optimasi

Website yang masih baru biasanya mudah terkena sandbox jika terindikasi melakukan over optimasi. Google akan cepat menangkap sinyal blog yang melakukan optimasi berlebihan, sehingga banyak blog (biasanya blog baru) yang terjaring jeratan google sandbox. Termasuk dalam hal ini ping atau submit url yang berlebihan bisa juga mengakibatkan blog terkena google sandbox.

2. Artikel Plagiat

Blog yang paling sering masuk Google Sandbox adalah yang terindikasi melakukan copy paste berkali-kali. Hal ini memang wajar karena Search Engine sendiri makin canggih dari hari ke hari. Dan salah satu yang menjadi target pembasmian adalah konten copas.

3. Melakukan Keyword Stuffing

Artikel yang banyak menumpuk kata kunci sangat mudah terbaca oleh Google dan dianggap keyword stuffing. Idealnya, kata kunci janganlah lebih dari 3% apalagi sampai 5%. Dengan begitu akan terlihat natural dan tidak dianggap over optimize. Jika memang mengharuskan kata itu, usahakan dengan teknik memakai kata sinonim.

4. Backlink Buruk

Hati-hati dalam membeli tautan. Hal ini dikarenakan optimasi backlink yang berlebihan juga berpotensi membuat blog kamu terjerembab ke dalam sandbox. Untuk itu lebih baik andalkan backlink murni dengan cara membuat konten berkualitas.

5. Blog terindikasi Scam

Suatu blog bisa saja terkena sandbox karena kemungkinan memiliki konten yang menipu atau berbahaya bagi pengguna internet. Akibatnya, blog-blog semacam ini menjadi tidak terindex oleh mesin pencarian. Biasanya, blog scam tersebut terkena deindex karena ada seseorang yang melaporkannya, sehingga blog tersebut pun kemudian terkena sandbox dan tidak akan dimunculkan pada mesin pencarian.

Cara Cek Google Sandbox

Cara cek Google Sandbox - Bang Rojali
Cara cek Google Sandbox

Jika anda merasa ada yang tidak beres dengan blog anda, seperti jumlah pengunjung yang tiba-tiba menurun drastis, anda bisa cek apakah blog anda terkena google sandbox. Untuk mengeceknya, anda bisa gunakan tools berikut ini:

Google Sandbox Checker Tool

Caranya, pada kolom pertama masukkan Url Blog anda. Sedangkan pada kolom kedua, masukkan saja nama blog anda. Terakhir masukkan captcha berupa nomor yang diperintahkan dan kemudian klik submit.

Jika hasilnya muncul kalimat "Your site not in google Sandbox", berarti blog anda selamat blog dari Google Sandbox ini. Namun jika hasilnya muncul "Your site is in google Sandbox", berarti blog anda terkena jeratan google sandbox dan perlu diperbaiki.

Google Sandbox Tools

Ini sangat mudah. Pergilah ke situs Google Sandbox Tools lalu ketikkan nama domain kamu. Setelah itu tunggu. Memang lama, bisa satu jam tapi nanti ketahuan kok apakah situsmu bermasalah atau tidak.

Cara Manual

Atau cara lainnya anda juga bisa cek blog anda pada mesin pencarian google dengan mengetikkan "site:namabloganda.com" (misal site:bangrojali.blogspot.com). Jika hasilnya artikel anda tidak muncul di hasil pencarian, berarti kemungkinan besar blog anda juga terkena google sandbox.

Mengatasi Blog Terkena Google Sandbox

Mengatasi blog kena Google Sandbox - Bang Rojali
Mengatasi blog kena Google Sandbox

Blog yang terkena Google Sandbox bisa diatasi dengan berbagai cara, tentunya dengan melihat jenis kesalahan yang ada pada blog tersebut, yang menjadi penyebab terkena google sandbox. Di antara hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya yaitu:

1. Cek dan Edit Artikel Lawas.  

Cek kembali artikel-artikel lama kamu apakah ada yang terindikasi menjadi penyebabnya blog masuk Google Sandbox.  Edit dan ubah persebaran keywords. Gunakan tools Keywords Density untuk membantumu mengetahui over optimasi kata kunci.

2. Hapus Artikel Terindikasi Plagiat. 

Untuk amannya, hapus semua konten yang berpotensi dianggap plagiat oleh mesin telusur. Buat artikel sejenis dengan caramu sendiri. Hindari copas.

3. Hapus Backlink Berlebihan. 

Kurangi segala optimasi yang berlebihan, termasuk juga penanaman backlink yang tidak berkualitas dan semacamnya. Periksa juga tautan yang mungkin ditinggalkan oleh pengunjung kamu.

4. Rajin Update Konten Berkualitas

Mau tidak mau kamu harus lebih rajin mengungah konten berkualitas ke blog kamu, setidaknya hingga trafik kembali normal. Buat artikel bagus, unggah dan submit ke Google Search Console. Cara ini efektif untuk mengembalikan posisi blog kamu menjadi lebih baik.

5. Biarkan Saja

Memang banyak master blogger yang berkata bahwa bisa saja suatu situs walau sebenarnya tidak melanggar apapun, terkena jebakan Google Sandbox. Ini namanya apes. Kamu bisa saja tidak melakukan apa-apa karena kata orang situs dari Sandbox bisa bebas dengan sendirinya.

Itu dia cara paling mudah mengatasi masalah Google Sandbox. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Semoga sukses. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Related Post Atau Artikel Terkait Di Blogspot

Cara Membuat Sitemap Supaya Blog Terindeks Mesin Pencari - 100% Berhasil